Saking banyaknya penggunaan sosial media, sekarang ini telah ada profesi yang berkaitan dengan Social media yaitu Social Media Specialist bahkan sekarang ini perusahaan-perusahaan sangat banyak mencari seseorang yang mampu mengisi profesi tersebut di era digital ini.
Dengan adanya Social Media Specialist dapat membantu perusahaan dalam menciptakan hubungan dengan pelanggan, branding, dan tentunya sebagai strategi pemasaran.
Sebenarnya apa itu Social Media Specialist hingga sangat dibutuhkan oleh perusahaan di era digital ini ? Nah disini saya akan membahas mengenai Apa itu Social media Specialist untuk menambah pengetahuan teman-teman dan barang kali teman-teman disini tertarik untuk menjadi social media specialist. Oke langsung saja kita bahas.
Apa itu Social Media Specialist ?
Spesialis Media Sosial bertanggung jawab untuk berinteraksi langsung dengan pengguna online dan komunitas virtual melalui media sosial perusahaan dan membangunbrand awareness.Dan tentunya seorang Social Media Specialist harus Bertanggung jawab atas desain strategis, manajemen komunitas, arahan kreatif, dan copywriting.
Seorang Social Media Specialist harus mampu menyusun strategi, menganalisis data, membuat konten, mengelola kampanye, dan berkoordinasi dengan tim pemasaran melalui platform. Mereka yang memiliki mandat ini harus fokus pada pembuatan konten digital yang menarik dan kreatif untuk berbagai platform media sosial perusahaan.
Mereka kemudian akan melaporkannya ke manajer media sosial dan bekerja sama dengan tim pemasaran untuk mengembangkan strategi pemasaran yang akan meningkatkan keterlibatan pelanggan dan brand awareness.
Namun, untuk menjadi seorang Social Media Specialist kamu harus memiliki beberapa keterampilan agar memenuhi syarat yang diminta oleh banyak perusahaan, berikut keterampilan untuk menjadi seorang Social Media Specialist.
Keterampilan Yang Harus Dimiliki Seorang Social Media Specialist
Seperti yang kita tau untuk memiliki sebuah profesi kita juga harus memiliki keterampilan yang sesuai dengan profesi tersebut, misalkan untuk menjadi seorang Social Media Specialist, ingin tau keterampilan apa saja yang harus kamu kuasai agar bisa menjadi social media specialist ? berikut ulasannya.
1. Kemampuan Bercerita / Storrytelling Skills
Storrytelling Skill merupakan sebuah kemampuan untuk bercerita terhadap pelanggan dalam melakukan pemasaran. Social Media Specialist merupakan sosok utama dibalik saluran social perusahaan dan kebanyakan pekerjaan dari social media specialist adalah menceritakan tentang merek tersebut agar mereka mengetahui seluk beluk dari produk tersebut.
2. Visual Estetika Yang Kuat
Di media social, aspek visual sangat penting dalam mendefenisikan sebuah kehadiran. Pengenalan sebuah produk tidak hanya dilakukan dengan kata-kata saja tetapi melalui penciptaan presentasi estetika yang melekat satu sama lain di berbagai platform.
Oleh karena itu seorang social media specialist harus memiliki kemampuan melihat yang baik untuk desain, kemampuan untuk membuat konsep dan membuat konten yang menarik perhatian pelanggan. Makanya apabila kamu seorang social media specialist memiliki kemampuan menggunakan aplikasi photoshop akan menjadi nilai lebih terhadap kamu.
3. Manajemen Komunitas
Tujuan utama dari media sosial adalah untuk berinteraksi secara efektif dengan masyarakat. Membuat pelanggan dan pembaca merasa mereka tidak hanya menerima penawaran dan berita, tetapi juga diberdayakan untuk merespons. Ini dapat melibatkan banyak percobaan dengan strategi posting untuk membuat orang merespons. Memahami bagaimana audiens merek kamu berkomunikasi dapat membantu kamu lebih memahami komentar, pertanyaan, kebutuhan, dan kekhawatiran mereka.
4. Mengikuti Tren
Dalam industri yang terus berubah ini, suatu keharusan terhadap kamu agar selalu untuk tetap up-to-date dengan berita terbaru yang sedang trending di media social baik itu mengenai Alat, Aplikasi dan teknologi. Dengan memiliki kemampuan ini kamu dapat membuat konten relevan.
5. Data Analisis
Seorang social media specialist diharuskan memiliki kemampun memahami data. Seorang social media specialist akan membutuhkan kemampuan ini untuk menganalisis dan menilai data media sosial dan membuat laporan media sosial.
Melakukan analisa dengan tepat akan membantumu merancang strategi yang lebih tepat dalam aktivitas dan kampanye di media sosial.
6. Memahami SEO
SEO Merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Disaat menerapkan SEO Setiap bagian konten harus tersegmentasi, dapat dicari, dan dapat dibagikan berdasarkan audiens target. Selain menggunakan kata kunci, optimalkan setiap posting untuk menyelesaikan kueri pencari.
7. Social Media Ads
Seorang social media specialist harus memiliki kemampuan untuk memanfaatkan iklan berbayar yang ada pada social media. Kamu harus memanfaatkan fitur tersebut untuk memasarkan produk karena iklan dari social media dapat memberikan peningkatan besar dalam konversi dan penjualan dengan biaya akuisisi yang lebih rendah.
Nah setelah kamu mengetahui skill skill apa saja yang harus dimiliki seorang social media specialist, kamu juga harus mengetahui apa saja tugas dari Social media specialist ketika bekerja, berikut telah saya rangkum.
Tugas Seorang Social Media Specialist
Seorang social media specialist memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menyelasikan pekerjaannya. Adapun tugas seorang soial media specialist adalah sebagai berikut..
- Merencanakan dan menerapkan strategi-strategi social media yang didasari riset pasar, pemilihan platform, brand value, dan target yang jelas.
- Membuat, Menyunting serta mempublikasikan konten yang dapat menarik perhatian pelanggan.
- Menyusun dan mengoptimasi sosial media perusahaan untuk meningkatkan visibilitas perusahaan disemua platform sosial media.
- Menganalisa metris dan insight dari sosial media untuk menjadi strategi pemasaran selanjutnya.
Jika dilihat dari tugas-tugas yang diberikan kepada social media speialist tentunya itu bukan tugas yang mudah karna seorang social media specialist berarti harus memiliki keterampilan dan pemahaman yang dalam mengenai tiap-tiap platform sosial media. Dan kamu juga diharuskan untuk membuat konten yang mampu menarik perhatian pelanggan untuk meningkatkan pemasaran.
Namun, Social Media Specialist memiliki jenjang karir juga, jadi kerja kamu tidak itu itu saja apabila kamu dapat bekerja dengan baik, berikut jenjang karir seorang social media specialist.
Jenjang Karir Social Media Specialist
Adapun jenjang karir yang dapat kamu raih apabila bekerja dengan baik sebagai seorang social media specialist adalah sebagai berikut.
- Digital Marketing Specialist
- Digital Marketing Analisis
- Marketing Analisis
- Brand Manager
- Creative Director
- Chief Marketing Officer
Dari posisi diatas merupakan bagian dari Digital Marketing. Digital Marketing adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Tipe pemasaran digital mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet.
Kesimpulan
Spesialis Media Sosial bertanggung jawab untuk berinteraksi langsung dengan pengguna online dan komunitas virtual melalui media sosial perusahaan dan membangunbrand awareness. Dan tentunya seorang Social Media Specialist harus Bertanggung jawab atas desain strategis, manajemen komunitas, arahan kreatif, dan copywriting.
Social Media Specialist harus memiliki kemampuan atau skill yang dapat memenuhi keinginan perusahaan seperti yang saya sebutkan diatas. Dan social media specialist juga memiliki jenjang karir yang sangat bagus kedepannya apabila kamu bekerja dengan baik.
Akhir Kata
Itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai apa itu social media specialist ? Dan apa saja skill atau kemampuan untuk menjadi seorang sosial media spesialist yang dapat saya rangkum.
Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan teman-teman mengenai Social Media Specialist dan terimakasih telah berkunjung ke halaman Trirahman.com
Sumber referensi : Medium.com - Linovhr